Bantul – Bertempat di Auditorium Kampus Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta, Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IIQ An Nur Yogyakarta menggelar acara Seminar dengan tema “Building Creative Economic Opportunities in Diversity.” (24/12/2021)
Pemateri yang hadir dalam acara ini adalah Mahendra Bhirawa yang saat ini menjabat sebagai Komite Pendamping Program & Siaran TVRI. Mahendra Birawa memiliki pengalaman sebagai Google Streetview Photographer dan Chief of Technology Officer, DNA360 sebelum ia bergabung dengan TVRI.
Dalam kesempatan tersebut, Mahendra memaparkan beberapa fakta tingginya penggunaan social media oleh masyarakat Indonesia (Facebook, Twitter, TikTok YouTube, Instagram). “Mayoritas masyarakat kita sangat hobby shoping (belanja) di internet,” ungkap lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM ini.
“Kita harus tahu posisi kita ada di mana. Selain itu dalam menangkap peluang ekonomi kreatif di era digital sekarang, kita harus bisa menentukan segmen yang kita sasar, target siapa saja, dan di mana positioning kita ketika memulai sebuah usaha ekonomi kreatif. Peluang masih terbuka lebar, karena masih banyak yang beradaptasi dengan perubahan ini. Literasi digital masih berkembang, Indonesia memiliki ragam budaya, data personal masyarakat Indonesia juga bertebaran,” tambah Mahendra.
Dalam sambutannya, M. Arif Kurniawan, S.H.I, M.E.I, selaku Dekan FEBI IIQ An Nur Yogyakarta menyampaikan, mahasiswa saat ini harus mempersiapkan diri agar bisa menangkap peluang-peluang ekonomi kreatif di era digital saat ini. “Mahasiswa juga harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang terus berubah, masalah yang muncul di saat ini justru bisa menjadi peluang,” ungkapnya.
Acara ini digelar secara hybrid (sebagian offline, sebagian online) dan diikuti oleh ratusan mahasiswa baik dari kampus IIQ An Nur ataupun dari luar. Acara ini merupakan rangkaian acara Economy Creativity 2021 yang diadakan oleh DEMA FEBI IIQ An Nur Yogyakarta.[]