FEBI IIQ An Nur MOU Dengan 15 LPTNU Lainnya, Untuk Capai Akreditasi Unggul

Semarang – Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) An Nur Yogyakarta beserta 15 perguruan tinggi di bawah naungan Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) khususnya prodi ekonomi Syariah bertemu untukĀ  kolaborasi dan kerjasama di Semarang.

Mengadakan kerjasama akademik antar perguruan tinggi merupakan akses menuju lembaga pendidikan tinggi yang unggul. Diharapkan dengan kerjasama tersebut akan melahirkan inovasi dalam bidang pendidikan, tenaga pengajarnya dan fokus penelitiannya. Salah satunya lebih ditingkatkan penulisan jurnal internasional terakreditasi, mengadakan workshop dan webinar ataupun event yang bersifat meningkatkan akreditasi kampus (15/12/2021).

Dengan kolaborasi ini para pihak yang hadir sepakat saling memberikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan yang bersifat sustainable (berkelanjutan). 15 Perguruan Tinggi ini sepakat untuk turut mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Kerjasama ini, untuk wakil dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IIQ An Nur Yogyakarta diwakilkan oleh Dekan FEBI IIQ An Nur Yogyakarta, M. Arief Kurniawan, S.HI., M.EI dan Kepala Prodi Ekonomi Syariah FEBI IIQ An Nur Yogyakarta, Puji Sholihah, MM.

Program pendidikan yang berada di kampus akan saling berkontribusi sesuai dengan program merdeka belajar. Akreditasi unggul Perguruan Tinggi bisa diperoleh dengan syarat minimal 50% dosennya sudah S3 atau bergelar Doktor. Membentuk dosen yang totalitas dalam edukasi yakni dengan mulai merubah cara berpikir, mengajar dan meneliti sehingga akan melahirkan akreditasi unggul di bawah LPTNU.

Sebuah kontrol dalam program MBKM dapat disesuaikan dengan program kampus. Di antaranya pertimbangan target kegiatan yang akan dijadikan sebagai indikator, bahwa kolaborasi antar perguruan tinggi dibawah LPTNU ini menjalankan poin kerjasama tersebut.

Tidak kalah penting adalah menemukan jalur yang akan menfasilitasi para tenaga pengajar dalam publikasi jurnal. Untuk tahapan awal akan bekerjasama dengan jurnal berskala nasional dan bahkan membentuk link jurnal internasional. Semoga kolaborasi ini membawa berkah memajukan Perguruan tinggi dibawah naungan LPTNU.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *